Breaking News

Minggu, 05 Juni 2011

Apa yang Terjadi di Bumi Setelah Adam Diciptakan

Apa yang terjadi di Bumi setelah Adam diciptakan? Walau tak tercantum dalam sejarah, Adam sengaja dijadikan patokan mengingat kisah penciptaan Adam tercantum dalam kitab-kitab suci agama Samawi. Bersumber dari timeline (runtutan waktu) menurut Bible,  Adam diperkirakan tercipta pada 4.004 SM. Dengan menghitung mundur dari Kristus, menuju hakim-hakim, dan mundur terus ke raja-raja, lalu ke zaman exodus, sampai ke Adam dikenal itu berakhir di tahun 4.004 SM.


Catatan: Kejadian yang tertua ada di urutan paling bawah.

70 M: Kekaisaran Romawi memasuki Israel kuno dan menghancurkan Bait Suci Yahudi KEDUA, membantai atau mengusir banyak dari populasi bangsa Yahudi. Banyak orang-orang Yahudi meninggalkan harta bendanya sebab tidak tahan akan kondisi kehidupan di sana. Walaupun demikian, ribuan orang Yahudi tetap tinggal di sana dan memberontak selama berabad-abad dengan tujuan untuk membangun kembali sebuah Negara Yahudi di Tanah Suci ini.

1.244 M: Jerusalem direbut oleh orang-orang Khwarezmi. Sebuah periode penuh kekacauan terjadi karena invasi Mongol hingga 1291 M., saat orang-orang Mameluk hampir menguasai seluruh Timur-Tengah dan menetapkan ibu-kotanya di Cairo, Egypt. Orang-orang Mameluk aslinya berasal dari Asia Tengah dan saudagar-saudagar Caucasia yang dipekerjakan oleh para Caliph Arab, Mameluk terdiri dari gabungan Kumans, sebuah suku Turki yang dikenal juga sebagai Kipchak, yang berkaitan dengan Seljuq, Kimak dan kelompok-kelompok lain.

1.229 M: Pasukan Salib mengambil alih kembali Jerusalem, hingga 1244 M.

1.187 M:  Orang Yahudi berkerja-sama dengan Salah-ud-Din Al’Ayyub (Saladin) melawan pasukan Salib dalam menaklukkan Jerusalem. Saladin, yang merupakan penakluk terbesar Islam bukanlah orang Arab namun Orang Kurdi.

1.099 M: Pasukan Salib menaklukkan Jerusalem dengan membentuk sistem kerajaan merdeka dan tidak membentuk identitas bangsa/negara baru. Jerusalem hanya sebagai pos militer Kristen Eropa saja. Pasukan Salib berusaha menghancurkan bentuk identitas Yahudi, namun mereka gagal.

1.071 M: Pasukan Turki-Seljuq berhasil menduduki Jerusalem. Pendudukan caliph Arab (Umayyad, Abbasid dan Fatimid) pun berakhir.

638 M: Jerussalem diserbu tentara Arab pada masa Caliph Omar. Pada saat itulah pertama kalinya orang Arab menginjakkan kakinya di Tanah Suci yang dihuni oleh (Yahudi, Assyria, Armenia, Yunani dan komunitas kristen lain).

619 M: Byzantium merebut kembali Jerusalem

614 M: Sassanid Persia berhasil merebut Jerusalem.

102 SM: Vikramaditya berkuasa di Hindustan hingga 15 SM, tepatnya di Ujjain. Vikramaditya bermakna Surya, atau Matahari. Dia adalah putra Raja Mahendraditya dari dinasti Paramara. Ada juga yang menyebut Vikramaditya adalah pewaris dinasti Tuar di Delhi.

135 SM: Kaisar Romawi Hadrian merampas Jerusalem dan mengubah nama Jerusalem menjadi Ælia Capitolina, dan nama Judæa dirubah menjadi Palæstina, dalam tujuan menghapuskan identitas Yahudi di muka Bumi. Sebagian besar orang Yahudi terusir oleh Romawi,, sebuah fakta awal terjadinya diaspora yang besar. Beberapa kelompok kecil Yahudi masih tinggal di Yudea, dan keturunan-keturunan mereka terus berkembang biak.

586 SM:  Orang-orang Yahudi kuno ini di Tanah Israel Yudea diserbu tentara Babylonia dan Bait Suci Yahudi pertama di Gunung Bait Kota Tua Yerusalem dihancurkan oleh Nebukadnezar. Banyak orang-orang Yahudi dibunuh atau dibuang. Walaupun demikian banyak juga yang diperbolehkan untuk tetap tinggal di sana.

950 SM: Raja Solomon berkuasa di Israel

1.312 SM: Kerajaan Israel sebagai sebuah negara berdiri.

2.000 SM: Abraham diperkirakan hidup

2.700 SM: Gilgames berkuasa di Babylonia.

3.000 SM: Permulaan Zaman Perunggu (Bronze Age), berlangsung hingga 1.100 SM..

3.750 SM: Eridu, kota pertama yang dikelilingi tembok (kini bernama Tell Abu Shahrain, Irak).  Jauh di masa sebelumnya, wilayah ini dikenal sebagai Rumah Enki, pendiri kota tersebut.

4.000 SM: Stone Henge tahap awal dibangun, berlokasi di Inggris

4.000 SM: Copper Age (Zaman Tembaga), berlangsung hingga 3.500 SM

4.000 SM Berkembangnya ajaran Siva, Vishnu, Shakti, dibarengi surutnya pamor dewa-dewa Verdic, sejak 4.000 SM hingga 3.500 SM.

4.000 SM Awal millennium ke-4. Bangsa Sumeria membanjiri Mesopotamia. Mulai dikenal sejarah tertulis dan budaya pertanian di Mesopotamia, lalu merembes ke Eropa Timur
dan Asia Tengah.

4.004 SM Menurut tradisi Ibrani, Adam diciptakan oleh YHWH (Yahweh), juga menciptakan alam semesta selama 6 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By