Sumber: http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik
Oleh: Harry Sufehmi http://harry.sufehmi.com
Pernahkah Anda bertanya di suatu forum atau mailing list komputer di
Internet, namunn tidak dijawab oleh seorang pun ? Atau mungkin malah ada
yang meledek Anda?
Jangan kaget, cara Anda bertanya dapat sangat mempengaruhi respons
yang akan Anda dapatkan. Jika cara Anda benar, maka di forum yang sama
bisa jadi malah orang-orang seperti menjadi saling berebutan untuk
membantu Anda.
Anda hanya perlu menempatkan diri Anda pada posisi mereka
(anggota-anggota forum lainnya), dan berpikir, kira-kira pertanyaan
seperti apa yang saya akan jawab dengan senang hati?
FAKTA UTAMA:
Para anggota forum saling membantu satu dengan lainnya tanpa
bayaran. Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran
untuk menolong Anda.
Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan Anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
Persiapan sebelum bertanya
Coba baca lagi dokumentasi produk tersebut baik-baik
Coba cari dahulu jawabannya dengan mencarinya di Internet (via Google, dll)
Coba cari jawabannya di arsip mailing list dari produk tersebut
(kalau jawabannya sudah ada di arsip, kadang-kadang orang akan menjadi
jengkel dengan pertanyaan Anda)
Dan seterusnya pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa Anda sudah
berusaha untuk memecahkan masalah tersebut.Karena jika Anda tidak
menyertakan bukti-bukti usaha Anda, maka orang lain cenderung melihat
Anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu Anda.
Kemudian, cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan
Anda tersebut. Pertanyaan mengenai programming akan cenderung diabaikan,
atau malah akan mengundang kecaman, jika diposting di forum mengenai
perangkat keras.
Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak forum sekaligus)
cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan Anda ("ah,
paling forum anu yang akan menjawabnya")
Kalaupun Anda merasa betul-betul perlu untuk memposting pertanyaan
tersebut ke beberapa forum sekaligus, maka kirimkan sebagai satu buah
email untuk setiap forum.
Ketika bertanya
Jangan bertanya langsung ke individu.
Bertanya ke forum/mailing list adalah lebih baik, karena:
* Jawaban dari pertanyaan Anda tersebut jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang
* Jawaban dari pertanyaan Anda biasanya akan tersimpan di arsip
forum tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul
di hasil search Google, dst)
* Poin-poin diatas menjadi insentif bagi para pakar di forum tersebut untuk menjawab pertanyaan Anda
* Anggota forum dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan Anda
* Dan, email yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi terasa terganggu.
Cara bertanya yang baik
Gunakan bahasa yang sopan
Jika Anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh
jika kemudian Anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda
Gunakan kata-kata seperti "Apakah ada yang bisa membantu saya?", "Terimakasih banyak sebelumnya", dst.
Ingat bahwa para pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk
membantu Anda, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih
kepada mereka.
Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA UTAMA. Karena jika Anda telah berasumsi begini, maka
Anda akan kecewa sendiri ketika pertanyaan Anda tidak terjawab, dan
alih-alih berusaha introspeksi kenapa tidak ada jawaban Anda malah akan
cenderung menjadi marah-marah di forum tersebut dan semakin diabaikan
oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).
Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul email seperti "tolooongg!!!!" justru cenderung akan diabaikan,
karena memberikan kesan bahwa Anda terlalu malas bahkan sekedar cuma
memberi judul email yang sesuai. Judul email seperti "Komputer restart
sendiri setelah memasang Service Pack 3" akan mempunyai kans untuk
dijawab yang lebih besar.
Jelaskan masalah Anda secara detil berikut dengan berbagai data-data yang ada.
INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses
komputer Anda, jadi sumber informasi mereka hanya email dari Anda saja.
Maka buatlah email tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
Buat agar email Anda informatif dan tidak asal panjang lebar
Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak
relevan sehingga membuat email Anda menjadi sangat panjang malah justru
akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan Anda.
("ya ampun sudah lama-lama download email dia ternyata isinya cuma
beginian" delete!!!)
Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa Indonesia yang benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa Anda
adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan
untuk meluangkan waktunya bagi Anda
Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak yang lain.
Kalimat seperti "ada bug di program akunting ini" tanpa bukti yang
kuat akan cenderung membuat para pembuat program tersebut (yang jelas
adalah para pakarnya) menjadi tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan
Anda, atau malah tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa Anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan membuat klaim yang tidak bisa Anda buktikan.
Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan Anda
Jika Anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar
tebakan Anda salah, dan malah menunjukkan kebodohan Anda sendiri di
depan umum.
Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab
Setelah pertanyaan Anda terjawab / masalah Anda terselesaikan, kirim
satu email lagi ke forum yang membeberkan apa saj ayang dilakukan untuk
menyelesaikan masalah tersebut.
''Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang
berikutnya di forum tersebut'', karena pa ra pakar forum akan menilai
bahwa Anda bisa juga memberi balik (dan tidak hanya meminta) dan mereka
pada umumnya sangat menghargai ini.
Menanggapi jawaban
Jawaban yang menyelesaikan permasalahan Anda tentu perlu dibalas
paling tidak dengan ucapan terimakasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual) atau STFW
(Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalah yang
fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut
(RTFM), atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, karena ini fakta
(Anda melakukan kesalahan etika).
Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum
tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau
mungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi
Anda.Dan berbagai kemungkinan lainnya.
Yang lebih bijak adalah menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab
balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data
dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
* Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda
sendiri, padahal kebanyakan forum dan mailing list terarsip di
Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh penduduk dunia. Tindakan Anda
bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun
setelahnya.
* Para pakar di forum tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan
Yang lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah
ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi
petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih
tetap dimaki-maki, berarti memang forum tersebut bukan forum yang
tepat. Tapi jangan dibalas, karena Anda sendiri yang akan kena getahnya.
Cukup cari saja forum lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda Jangan tersinggung
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang
tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit
untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
Jangan posting ulang pertanyaan Anda
Para pakar di forum tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan
tidak ada yang mengetahui jawaban dari masalah Anda, akan merasa kesal
("cerewet benar orang ini"). Sebaliknya, cari jawabannya di forum yang
lain.
Untuk para pakar: Cara menjawab yang baik
Usahakan untuk memahami situasi penanya. Stress karena masalah yang
sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja membuat email
yang terbaca kasar / egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan
membantu mereka.
Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu ! Jawaban yang salah namun
terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama
sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan
menjatuhkan reputasi Anda sebagai pakar di forum yang bersangkutan.
Jangan ledek seseorang karena ketidak tahuannya. Anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jangan sombong.
Jika informasi yang ada kurang, jangan segan-segan untuk bekerjasama
dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan. Ingatkan ketika dulu Anda
masih bodoh, dan orang-orang membantu Anda dengan senang hati? Bantuan
Anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi pakar pula
di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.
Jawaban RTFM atau STFW memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan
kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika Anda
bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang
'''sekedar''' memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google
sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
Jika ada fasilitas FAQ di forum Anda, jangan lupa untuk
mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para
calon penanya terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat,
dan Anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi
berkurang
Demikian pedoman ini kami susun, semoga bisa bermanfaat bagi Anda.
Kredit:
Inspirasi dari How To Ask Questions The Smart Way, oleh Eric Steven Raymond
Nb. : Karena http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik sudah tidak dapat diakses, saya mendapatkan tulisan ini setelah Googling dan saya menemukan link berikut : http://forum.grobogan.com/viewtopic.php?f=1&t=786
Tidak ada komentar:
Posting Komentar