Breaking News

Jumat, 21 Oktober 2011

Definisi dan Ruang Lingkup Psikologi Sosial


Manusia dimanapun dia berada ,tidak dapat dipisahkan dari lingkungan masyarakat. Oleh karena itu,sejakdahulu orang sudah menaruh minat yang besar pada tingkah laku manusia dalamlingkungan sosialnya. Minat yang besar ini tidak hanya muncul daripengamat-pengamat awam,tapi juga dikalangan para sarjan dan cendekiawan.

Sekalipun demikian, psikologi sosial, sebagai ilmu khusus yang mempelajari tingkah lakumanusia dalam lingkungan sosialnya baru timbul kurang dari 100 tahun yang lalu(Mc. Dougall,1908 ; Ross,1908). Sebelum itu gejala perilaku manusia dalammasyarakat dipelajari oleh antropologi dan sosiologi.
Peranan antropologi dan sosiologi dalam psikologi social antara lainadalah untuk mengurangi atau setidak-tidaknya menjelaskan bias (penyimpangan0yang terdapat dalam penelitian psikologi social sebagai akibat pengaruhkebudayaan dan kondisi masyarakat disekitar manusia yang diteliti.
Sasaranpenelitian psikologi social sendiri adalah tingkah laku manusia sebagaiindividu. Inilah yang membedakan psikologi social dari antropologi dansosiologi yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai bagian darimasyarakatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By