Breaking News

Sabtu, 05 November 2011

Ibu Rangkap Tiga


“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbakti kepada ibu bapaknya.Ibunya telahh mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah, danmenyapihnya dalam keadaan dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada ibubapakmu, hanya kepada-Kulah kamu kembali” (Luqman:14)
Ayatdi atas menjadi ajaran moral dalam menghormati kedua orang tua. Seorang ibumengandung lalu menyusui anak-anaknya, dua fungsi yang dirangkap oleh satu ibu.Tetapi, Islam juga mengakui pemisahan dari fungsi ganda tersebut, yakni bayidisusui oleh ibu lain. Ada hukum larangan untuk menikah dengan saudarasepersusuan. Rasulullah SAW. juga memberi contoh bagaimana menghormati ibususuan Beliau, Halimatus Sa'diyah dan saudara sepersusuannya, Hamzah bin AbdulMuthalib.

Fungsiganda tersebut berjalan selama 14 abad lebih, Sampai akhir abad ke 20, ketikailmu kedokteran berhasil merealisasikan 'bayi tabung'. Louis Brown, adalah bayitabung pertama yang lahir di Inggris tanggal 25 Juli 1978. Bibit sperma daribapak yang membuahi ovum dari ibu – baik secara alamiah (in vivo) atau pun dicampur di laboratorium (invitro) – sampai menjadi janin 'dititipkan' ke dalam kandungan wanita lainsampai melahirkan. Hal ini menimbulkan tiga fungsi dari ibu:
1.     ibu genetika, yakni pemilik daritelur/ ovum
2.     ibu kandung, yakni yangmenyediakan rahimnya untuk janin selama masa kandungan dan kemudian melahirkan
3.     ibu susuan, yakni wanita yangmenyusui

Jadi, sekarang seorang anak bisa memiliki ibu rangkap tiga. Sebagaimanafungsi ibu susuan yang bisa oleh wanita mana saja, fungsi ibu kandung titipanpun bisa juga dilakukan oleh pihak mana saja – walaupun ditipkan di perutneneknya. Hal ini pernah terjadi, pada tahun 1991 Arlette Schwitzer menyediakanperutnya bagi sel-sel telur milik putrinya yang telah dibuahi oleh suaminyasampai melahirkan cucunya yang kembar. Nenek merangkap ibu kandung. Barangkaliinilah penjelasan dari sabda Nabi SAW ketika ditanya oleh seorang sahabat. “yaRasulullah, kepada siapa siapa aku harus berbakti?” Beliau menjawab: “Ibumu”lalu “ibumu”, lalu “ibumu.” tiga kali Beliau menyebut ibu,baru kemudian Beliau menyebut “bapakmu”.

Selama ini, hadits tadi dianggap menunjukkan keutamaan ibu tiga kalilipat dari bapak dalam tujuan bakti seorang anak kepada orang tuanya. Tetapiilmu sains dan teknologi berhasil menguak rahasia tersembunyi dari haditstersebut. Kini hadits tersebut bisa diartikan: berbaktilah kepada ibugenetikamu, ibu kandungmu, dan ibu susuanmu. Lalu, apa fungsi dari seorangbapak bagi anak? Selama ini bapak secara konvensional bertugas keluar: mencarinafkah, melindungi dari musuh, menjadi kepala keluarga, dst. Tetapi teknologilagi-lagi membuka dimensi baru. Fakultas Kedokteran George WashingtonUniversity pada tahun 1984 berhasil melakukan suatu hal yang fantastis. Telursimpanse betina yang sudah dibuahi ditanama di dalam perut simpanse jantanlainnya. Setelah beberapa bulan, simpanse jantan itu melahirkan bayi simpansesehat melaui operasi caesar.
Sangat besar kemungkinan, bagi seorang pria untuk mengandung dan melahirkanseorang anak. Jadi, fungsi mengandung pun bisa dijalankan oleh bapak juga.Maka, istilah bapak kandung pun akan memiliki arti yang sebenarnya. Ketika sianak benar-benar dikandung dan dilahirkan dengan cara operasi caesar dari perutbapaknya, ia wajib berbakti kepada bapak yang melahirkannya itu. Persentasepria bersedia hamil memang kecil, namun tetap masuk akal dan bisa mencapai 1:3,sesuai dengan perbandingan sabda Rasullah SAW : ibumu, ibumu, ibumu, barubapakmu.
Kelak, ketika wanita-wanita karir menolak hamil dan isu kesetaraangender makin mencuat, pasangan suami istri bisa sepakat bergilir fungsi:bergilir bekerja, bergilir memasak, bergilir mendidik anak, dan bergilir hamil.Lagi pula tidak ada dalil atau ketentuan dari Al-Quran dan hadits mungkin sajasudah memberi aba-aba tentang hal tersebut – hanya saja kita kurang pekamemahaminya. Apabila kita sering memikirkan tentang sinyalemen-sinyalemenperkembangan sains dan teknologi pada Al-Quran dan Hadits, kita tidak akanterkaget-kaget setiap kali ada penemuan baru yang sangat kontroversial. (Abe)

l    Artikel ini ditulis dengan menggunakan OpenOffice 3.2.0 pada LinuxBlankOn Ombilin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By