Breaking News

Sabtu, 05 November 2011

Secara Psikologis, Penyembelihan Itu Sudah Terjadi


Kurbanadalah udhiyah, penyembelihan hewan yang sudah ditentukan waktunya. Darisisi linugisti berarti dhuha, waktu dhuha adalah saat sembelihan hewankurban dilaksanakan setelah shalat Id.
Hariraya kurban adalah perintah untuk mengenang kembali peristiwa ketika NabiIbrahim as. yang diperintahkan untuk menyembelih puteranya. Saat perintah ituditurunkan melalui mimpi berkali-kali, Nabi Ibrahim as. pun memberitahukankepada keluarganya. Hal tersebut tentunya mempunyai dampak psikologis yangsangat besar, untungnya dampak psikologis tersebut bisa diredam dengan keimanandan keyakinan kepada Allah SWT. Kualitas keimanan Nabi Ibrahim kepada Allah SWTakhirnya teruji.
Semangatyang ditumbuhkan dari peristiwa udhiyah adalah bagaimana kita bisaberbagi dengan mereka yang kurang mampu. Mereka tidak hanya
membutuhkan dagingkambing satu tahun sekali, mereka juga membutuhkan beras dan fasilitas lainnya.Disitulah diharapkan agar simbolisasi sembelihan kurban ini bisa memicupengorbanan lainnya.
Sacaraekonomi, kurban bisa dimobilisasi misalnya dengan Dompet Dhuafa atau punlembaga sosial lainnya. Lembaga-lembaga tersebut mengkoordinasikan untukmenyebarkan hewan kurban. Selain itu, secara ada kesempatan untuk memutarkandana kurban sebelum digunakan sehingga dana bertambah, selain itu juga, jikasetiap muslim mampu berkurban, maka dampaknya akan mengingkatkan sektorpeternakan. Pusat-pusat peternakan akan mengalami panen saat hari raya kurban.Namun, apabila hal ini tidak dikelola secara benar, akan dapat menimbulkansistem ijon atau tengkulak terhadap peternakan hewan kurban yang akanmenghambat pemberdayaan peternak. Hewan ternah mereka akan dibeli dengan hargamurah dan akan dijual kembali  denganharga yang cukup tinggi di kota-kota besar.

   Artikel ini ditulis denganmenggunakan OpenOffice 3.2.0 pada Linux BlankOn Ombilin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By