Breaking News

Selasa, 06 September 2011

Tasawuf Falsafy


Berdasarkantasawuf filsafat,  maka konsepsitentang Tuhan merupakan perkembangan lanjut dari pemikiran mutakalimin danfilusuf. Secara garis besar dapat dikelompokkan kepada adanya tiga konsepsitentang Tuhan yang berakar kepada al-Qur’an dan Hadits:

-    Konsepsi etika, yang dipelopori dan berkembang dikalanganzuhud sebagai bibit permulaan timbulnya tasawuf. Dzat Tuhan dianggap sebagaikekuasaan, daya, dan iradat yang mutlak. Tuhan adalah pencipta yang tertinggidari segala sesuatu termasuk tingkah laku manusia.

-   Konsepsi estetika, yaitu tentang Tuhan dalam estetika.Dimana tasawuf bersumber dari anggapan bahwa Tuhan dan manusia berjalur timbalbalik. Konsepsi ini pertama kali dimunculkan oleh Rabi’atul Adawiyah di manarasa kecintaan yang luar biasa kepada Tuhan adalah karakteristik konsepsi ini.Jadi menyembah Tuhan itu ingin mendapat sambutan cinta dari pada-Nya.
-         Konsepsi kesatuan wujud, yaitu bahwa dalam diri manusiaterdapat unsur-unsur ketuhanan, karena ia merupakan pancaran dari Nur Ilahi.Oleh karena itu jiwa manusia selalu bergerak berusaha untuk kembali bersatudengan sumber asalnya.

Jadidunia fenomena ini hanyalah bayangan dari realita yang sesungguhnya, yaituTuhan. Satu-satunya wujud yang hakiki adalah wujud Tuhan, yang menjadi dasarbagi adanya segala yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By